Minggu, 29 Juni 2014

7 Pantai Indah di Pulau Ambon

        Ambon adalah ibukota provinsi Maluku, sebuah provinsi kepulauan yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Ambon memiliki budaya yang sudah tercampur dengan budaya Belanda karena lama dijajah bangsa kolonial ini, seperti pada dialog hari-hari masyarakat Ambon, tapi tidak semua karena masih kental juga budaya asli Ambon. Ambon memiliki daerah laut yang cukup luas, sehingga pulau ini memiliki banyak wisata pantai. Berikut adalah 7 pantai yang paling diminati masyarakat.

1. Pantai Natsepa
    Pantai Natsepa , terletak di desa Suli Kab.Maluku Tengah. Pantai ini adalah pantai yang paling diminati oleh masyarakat untuk berlibur. Pantai ini memberi panorama yang sangat indah, pemamndangan teluk Ambon yang asri menyejukan mata serta pasir putih membentang sepanjang pantai menambah keindahan dan daya tarik pantai ini. Anda dapat mengunjungi pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan angkutan kota dengan tarif RP.3000/orang , uang masuk untuk satu orang adalah Rp.1000 dan Rp.2500 untuk tarif parkir. 
  Pantai ini juga memberi fasilitas penunjang lainnya,seperti sewa kamar Rp.50.000/hari, penyewaan vila yang menghadap ke pantai, kamar mandi dan toilet dengan tarif Rp.1000/orang, bila anda tidak ingin menyewa kamar atau vila, anda dapat duduk santai di pondok-pondok pedagang yang menghadap ke pantai, selain itu anda juga dapat menikmati Rujak Natsepa yang dijajankan para pedagang dipondok-pondok mereka. Ada aneka jajan yang dijual disini seperti pisang goreng, jagung rebus, makanan khas Maluku, es kelapa muda dan lain-lain.
    Untuk berenang, anda dapat menyewa bantal renang berbagai ukuran dengan tarif mulai dari Rp.5000 berdasarkan ukuran, ada juga wahana bermain BananaBoth dengan biaya RP.50.000/orang. Jika anda ingin yang lebih lagi, anda dapat menyewa perahu semang untuk berkeliling menikmati keindahan Teluk Ambon dengan biaya RP.20.000/jam. 

2. Pantai Liang
  Pantai Hunimua atau yang lebih dikenal masyarakat luas dengan nama Pantai Liang, nama pantai Liang didasarkan pada lokasi pantai ini berada yaitu desa Liang. Pantai ini berada berbatasan dengan pelabuhan penyeberangan feri jalur pulau Ambon dan Pulau Seram. Saat anda masuk pintu gerbang pantai ini, anda akan disambut dengan panorama pasir putih yang membentang sepanjang pantai yang berkilau terpapar cahaya matahri siang. 
    Anda dapat berkunjung dengan mengendarai kendaraan pribadi dengan jarak tempuh 40 km dari pusat kota Ambon dan angkutan kota dengan tarif Rp.5000/orang. Biayaa masuk adalah Rp.15.000/orang, terbilang lebih mahal memang daripada biaya masuk Pantai Natsepa, namun itu akan terbayar dengan berbagai pengalaman yang akan anda dapatkan. Anda dapat mencoba terjun ke dalam laut dengan melompat dari atas jembatan yang memanjang dari tepi pantai sampai ke laut. Sungguh anda akan puas dengan segala keindahan alam pantai ini.

3. Pantai Sopapei
    Pantai Sopapei atau yang juga disebut oleh masyarakat awam dengan pantai Suli ini terletak di desa Suli atau terletak di sebelah Pantai Natsepa. Kedua pantai ini hanya berbatasan tebing karang yang tinggi. Layaknya Natsepa, pantai ini juga memberi berbagai fasilitas yang dapat disewa. Pantai ini terbagi atas dua pantai, pada salah satu pantainya, terdapat kolam pemandian air panas yang berlokasi ditepi sungai yang bermuara dipantai tersebut. Untuk sampai ke pantai ini, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum dengan tarif sama.



4. Pantai Namalatu
    Kalau Anda sudah sedikit bosan dengan pantai berpasir putih, namun masih ingin bercengkerama dengan jernihnya air laut, Namalatu, pantai yang terletak di sebelah timur Pulau Ambon ini, menjadi pilihan yang pas. Keteduhan pantai akan langsung menyergap. Beberapa tempat berteduh bisa dijadikan pilihan beristirahat melepas lelah. Pepohonan rindang memenuhi pinggir pantai, memberi perlindungan dari teriknya matahari.
    Beberapa pohon bahkan menjorok ke arah pantai, memberi kesan unik tersendiri yang cantik untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Memang tidak seluas Pantai Liang, namun tidak kalah menawan. Alih-alih pasir putih, pantai Namalatu justru penuh dengan pecahan-pecahan batu karang berukuran sangat kecil dan berwarna putih bersih. Gradasi warna air lautnya juga terbilang unik dari putih transparan, hijau muda hingga biru. 
    Ombak di pantai ini terbilang lebih ramah dibanding di Pantai Liang meskipun pada musim ombak, memungkinkan Anda untuk bermain air dan berenang melepas penat. Beberapa meter dari bibir pantai, reruntuhan bangunan terlihat sedikit menonjol dari permukaan air, menjadi habitat beragam jenis ikan. Pantai ini bisa diakses dengan angkutan umum namun sayangnya angkutan yang tersedia tidak beroperasi setiap saat. Nah, sebagai solusinya, Anda bisa coba menyewa ojek meskipun mungkin biaya yang dikeluarkan lebih banyak yakni sekitar 30 ribu rupiah dari Kota Ambon untuk sekali jalan. Atau, kalau Anda ingin yang gratis, bisa dengan mencari tumpangan di pinggir jalan.
5. Santai Beach
    Nah, pantai ini sangat sesuai untuk dikunjungi, dari namanya pantai ini memang cocok untuk dijadikan lokasi santai anda saat liburan. Santai Beach (Pantai Santai) adalah pantai yang terletak di desa Latuhalat Kec.Nusaniwe. Pantai ini dapat berjarak sekitar 16 km dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Pantai ini menghadap ke laut lepas yang biru berkilauan terkena paparan cahaya matahari. 
  Anda mungkin tidak bisa mendapatkan keasyikan berenang bebas di pantai ini, namun anda yang suka diving atau Snorkling, pantai ini bisa anda masukan dalam daftar tempat tujuan anda. Pantai ini memberi keindahan alam bawah laut yang sangat menakjubkan, anda akan terkagum-kagum melihat indahnya terubung karang di lau Latuhalat. 
    Pantai ini memiliki ombak yang sangat kuat, sehingga tidak bisa berenang bebas di pantai ini, pada salah satu sisi pantai terdapat tembok yang membatasi pantai dengan laut bebas, tujuannya agar tidak ada pengunjung yang terbwa arus ke laut lepas. Anda dapat melihat keindahan laut lepas dan ombak yang menghantam karang dari atas tembok ini.

6. Pantai Desa Hukurila
    Desa Hukurila adalah salah satu desa yang memiliki panorama pantai yang luar biasa. Pantai Hukurila adalah sebutan orang sesuai dengan nama lokasinya. Anda dapat berkunjung ke desa ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkuta kota dengan biaya Rp.5000 sampai Rp.10.000 per orangnya. 
    Pantai ini memang tidak memberi panorama pasir putih, Hukurila memiliki pantai berpasir hitam dan kasar berbatu karang, namun jangan salah pantai ini sangat cocok untuk berenang. Fasilitas yang ada memang belum baik karena masih dalam pembangunan. Bagi anda pecinta diving dan snorkling, Hukurila bisa anda jadikan sebagai salah satu tempat favrit anda. 
    Dibawah laut Hukurila, terdapat pemandangan laut yang sangat indah, koral dan terumbung karang yang masih asri menjadi tempat tinggal ikang-ikan, selain itu goa bawah laut di tempat ini dikatakan adalah habitat bagi kelinci laut. 

7. Pantai Hutumuri
    Pantai ini berada di desa Hutumuri dikenal dengan nama Lawena. Banyak memang yang belum terlalu tahu dengan pantai ini, pantai ini memang baru dibuka untuk umum. Pantai ini memberi pesona pasir putih panjang yang sangat memanjakan mata, anda dapat dengan mudah untuk akses ke pantai ini, karena jalurnya yang mudah ditempuh.








Masih banyak lagi pantai-pantai indah di pulau Ambon, dalam kesempatan lain mungkin akan saya posting untuk anda. Bila ada kesalahan informasi, mohon kritikan untuk memperbaiki informasi yang ada, Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar